- Gadis kecil ingin keluar, menantang alam -

Selasa, 07 Juni 2016

"Ngapain lo ke Surabaya? Surabaya sih gak ada apa-apanya"
Paling gak, lebih dari 10 orang bilang itu ke gue saat gue punya niat buat explore Surabaya. Sebenarnya, alasan gue kali ini pengen explore Surabaya gak lain gak bukan cuma buat nemenin temen gue si Erna yang pengen lebih kenal Surabaya. Jadilah gue janjiin dia buat ke Surabaya dengan ala Diana hahaha.
Gue sama Erna akhirnya memutuskan buat ke Surabaya tanggal 3-6 Juni saat minggu tenang sebelum ujian. Ya anggaplah jalan-jalan sebelum ujian ya hahaha. Naik apa Di? Naik kereta laaahhhh biar hemat hahaha. Lagian, si Erna belum pernah naik kereta. Jadi ya sekalian aja gue ajak naik kereta. Baik kan gue?
Hari Jumat siang menjelang sore, gue berangkat dari Denpasar naik bis sekitar jam setengah 3. Bukan bis patas yang ber-AC soalnya itu mahal bangeeettttt. BIG BIG NO! Dan setiap ditanyain para calo di terminal, gue selalu bilang mau ke Negara. Negara itu daerah di ujung Bali ya hampir-hampir dekat lah sama Pelabuhan Gilimanuk. Kalo bilang mau ke Negara, nanti bakal ketemu bis kecil ya kalo di Madiun sih semacam bis cendana gitu lah. Kalo di kota kalian kagak tau juga ya gua. Tapi bukan angkot, tapi gak segede patas. Gimana ya jelasinnya? Ya gitu deh pokoknya hahaha. Bis itu jurusan Denpasar-Gilimanuk. Dan berangkatlah gue. Awalnya gue tanya ke supir, berapa jam perjalanan ke Denpasar-Gilimanuk. Gue sih udah tau sebenarnya. Cuma hmm... Gua trauma supir bis yang lelet terus bikin gue ketinggalan kereta. Kalo tu supir bilang 3-4 jam, oke gue gak masalah. Kalo lebih dari itu mending gue naik gojek ke Gilimanuk -_- Gue sedikit berbohong waktu itu ketika supir bis bilang perjalanannya butuh 4 jam. Gue bilang kalo bisa harus pas soalnya gue mau kejar kereta. Alhasil, dia ngebut di jalan hahaha. Berasa naik sumber kencono ala Bali. Tapi memang itu yang gue harepin.
Sekitar jam 19.00 WITA gue sampe di Pelabuhan Gilimanuk dengan ngeluarin duit 50.000/orang. Habis itu beli tiket buat naik kapal 6.000/orang. Habis beli tiket kapal, gue sama Erna milih kapal mana yang bakal mau berangkat. Gak usah takut nyasar karena semua kapal ini bakal mendarat di Banyuwangi. Jadi kita tinggal milih aja kapal mana yang mau kita naiki.
Perjalanannya cukup satu jam aja sampe di Banyuwangi. Trus kita langsung cari makan di warung pinggir stasiun dan cus berangkat jam 10 malem waktu Indonesia Barat.
Kayak biasanya kalo gue mudik naik kereta, gue beli tiket mutiara timur malam kelas bisnis paling murah 100ribu. Habis itu di kereta tinggal tidur sampe pagi hahahaha.
Pagi jam 5 udah di Surabaya aja gua hahahaha. Langsung cus explore Surabaya


Selama di Surabaya, gue bakal nginep di kos temen gue dari SMA di Bella yang baik hati, cantik, tidak sombong, dan suka menabung di daerah Ketintang deket sama Unesa. Dari stasiun ke kos nya yang jauh ini, gue sama Erna naik gojek. Bayarnya sih harusnya 20ribu, Tapi karena gue bayar pake go pay (kebetulan dapet voucher gratis 100ribu dari gojek, voucher gratisnya masuk ke saldo go pay) dan gojek lagi ada promo diskon 25% kalo bayar pake gopay. Jadilah saldo gopay gue dipotong 15ribu dan gue GAK BAYAR APA-APA HAHAHAHA. Senangnya hati gue. Tapi gue tetep turut berduka buat Erna yang harus bayar 20ribu pake duit cash #PrayForErna
Sampe di kos Bella, gue sama Erna sempetin buat mandi sarapan *alhamdulillah nemu nasi pecel mirip madiun dengan harga under 10ribu. Betapa senangnya perut gue* trus langsung cus ke tempat pertama.
Tempat pertama adalah Kebun Binatang Surabaya HAHAHAHA. Lo pasti pada ketawain gue -_- Termasuk supir Uber pun juga ketawain gue hahaha. Fyi, dari kos Bella ke KBS gue naik Uber. DAN KEBETULAN LAGI, gue baru kali pertama naik uber meskipun aplikasinya udah ada di hp gue sampe jamuran. Karena gue baru pertama kali menggunakan aplikasi uber, maka gue dapet tumpangan gratis alias kagak bayar lagi!!! Entah dari mana datengnya tu bonusan gue juga kagak tau. Ah, emang dasar gue nya bawa rejeki sih hahaha.
Oke, balik ke KBS. Gue sebenernya udah pernah ke KBS sih. Ya, terakhir kali pas gue TK lah hehehe. Jadi gue rada lupa-lupa inget gitu sama tempat ini dan berhubung si Erna ngajak ke sini yaudah akhirnya kesinilah kita. Tiket masuknya sih 15.000 dan yaaaaa mungkin bisa dibilang sedikit lebih mahal dengan binatangnya yang menyedihkan :( Hewan-hewannya sepi, satu kandang biasanya dihuni satu binatang doang. Berasa pengen gue temenin tu hewan-hewan daripada kesepian. Yang bikin Erna tertarik sih cuma foto sama monyet sama naik gajahnya doang. Sekali naik gajah harganya 10.000 dengan muterin arena berbentuk persegi yang kira-kira panjang sisinya 10 meter yang berarti 10.000 buat ngelilingi 40 meter persegi. But yaaa, yang penting si Erna happy aja ya udah lah hahahaaha.


Gua nemu sekumpulan pohon kering di daerah deket kandang macan putih. Gue terinspirasi bikin foto kayak gini biar keliatan ala-ala lagi di hutan, padahal gue cuma di KBS doang. *apa sih Di?*

KBS sih gitu-gitu aja, ya namanya kebun binatang, ngapain lagi kalo gak lihat binatang. Terus akhirnya si Erna ngajakin ke Monumen Kapal Selam. Hmmmmmmm...... Sebenernya gue rada-rada sih kesana, soalnya di sana gak ada apa-apa. Terakhir kali gue ke sana sewaktu gue TK dan berani taruhan paling juga isinya belum berubah. Tapi ya okelah, kan niat gue ke sini nganterin Erna hahaha. Akhirnya kita panggil Uber lagi. Kalo pergi berdua gue rasa lebih sanget hemat kalo naik Uber daripada naik Gojek. Dan ya bener juga, karena ketika gue pergi dari KBS ke Monkasel bayar 28ribu. Itu sih yang agak mahalan, soalnya kita pake muter-muter ke Monkaselnya. Menyedihkan.
Sampe di Monkasel, sedikit shock gue dengan harga tiketnya yang TERNYATA 10ribu. What?????? MAHAL SEKALIIIIIII wkwkwkwk. Padahal kalo gue baca-baca di google rata-rata bilang tiketnya 5.000 kok ini bisa 10ribu? Efek weekend jangan-jangan -_- Benar-benar menyedihkan. Dan ketika masuk ke kapal selamnya..........



Tuh kan isinya ya dari dulu gitu-gitu ajaa. Sama banget kayak gue kunjungan ke sini pertama kali sewaktu TK. Ya masih kayak gitu-gitu aja. Liatin ruang peluncuran torpedo, ruang kemudi, ruang tidur awak kapal, dsb. Makanya sih di sini cuma sebentar aja orang juga gak ada apa-apanya hehehe.
Habis dari monkasel, gue sama Erna memutuskan buat pulang dulu. Karena hari sudah sore *kelamaan macet di jalan surabaya* Seperti biasa, kami naik Uber lagi. Tapi sekarang gue punya ide licik. Kebetulan uber lagi ada promo, kalo gue bisa invite orang buat pake Uber, maka orang yang gue invite bakal dapet tumpangan pertama gratis, dan kalo orang yang gue invite itu udah dapet sekali tumpangan gratis, maka gue dapet satu kali tumpangan gratis pula. Naaaaahhhhh..... Kebetulan lagi si Erna belum download Uber. Makanya gue manfaatin aja hahaha. Gue send invitation ke Erna buat download Uber dan Erna pun download aplikasi itu. Otomatis kami waktu itu pulang naik Uber gratis dan nanti kalo pesen uber lewat hp gue juga dapet tumpangan gratis hihihihihi. Dasar guenya pinter hahaha.

Matahari terbenam, hari mulai malam
Malam-malam setelah mandi dan makan akhirnya kami ke Suroboyo Night Carnival. NAIK UBERRR??? YA IYALAH hahahaha. Pesen uber dari hape gue, jadi dari kos Bella ke SNC gratis lagi. Tapi yang bikin mahal.... Jelas tiket SNC nya. Karena weekend, tiketnya jadi 80rb, padahal kalo hari biasa cuma 60ribu HIKS. Tapi ya gapapa lah, buat seneng-seneng aja hihihi. SNC mirip-mirip sama BNS. Terakhir kali gue ke sini dua tahun yang lalu sama abang tercintah hihihi. Sekarang gak ada abang hiks. 




Permainan yang gue anggap wajib kalo ke SNC adalah BIANGLALAAAAA. Dari atas bianglala kita bisa lihat pemandangan malam gedung-gedung tinggi di Surabaya yang gak bisa gue temuin di Bali tentunya. That's so amazing! Habis naik bianglala, lanjutlah kami ke permainan yang lain. Ya overall sih, kalo ke tempat yang gini ya gitu-gitu aja sih buat gue, udah bosen hahahaha *tampar diana*
Kami memanfaatkan waktu dengan baik. Kami di SNC sampai setengah 11, padahal tutupnya jam 11 hihihihi. Ya gak mau rugi dong ya. Masuk mahal-mahal kok. Ketika udah selesai, kami pulang naik Uber *lama-lama gue bikin iklan Uber*. Tapi sayangnya, kali ini harus bayar karena bonusannya udah abis hiks. Jadilah perjalanan dari SNC ke kos Bella habis 30ribu.

Petualangan belum berakhir, esok paginya, aku sama Erna mau ke ujung Surabaya. Gue awalnya udah mikir keras banget. Kalo ke ujung Surabaya, otomatis butuh dana banyak buat transportasi. Tapi saking pinternya gue, akhirnya gue pun punya akal *mendadak ada lampu keluar*. Untungnya, gue punya dua nomer HP. Nomer HP yang satu udah gue daftarin Uber, tapi yang satu lagi belum. Alhasil, gue ngirim invitation ke nomer gue yang belum gue daftarin HAHAHAHA. Setelah gue daftar Uber pake nomer gue yang satu lagi, dapet tumpangan gratis lagi deh gua hahahahaha *ketawa setan*
Rencana gue sama Erna mau ke kenjeran. HAHAHAHA, kalian pasti ketawain gue lagi. Tapi bodo amat ah, gue sama Erna berangkat ke Kenjeran pake Uber gratis lagi hahaha. Gue bukan ke Pantai Kenjerannya. Gue gak level sorry aja wkwkwk. Tapi gue lebih milih ke Patung Buddha 4 Wajah dan Sanggar Agung Temple. Tempatnya masuk ke daerah Water Park Kenjeran. Buat masuknya mahal banget. Mobil dengan dua penumpang dikasih tiket 20.000 Hiks. Niatnya mau ke Kenjeran gratis, eh tapi bayar tiket masuk juga wkwkwkwk. Ah yasudahlah. Dan setelah masuk ketemulah kita dengan bangunan luar biasa iniiiiii......

Patung Buddha 4 Wajah Kenjeran




LO DI THAILAND DI?????? AMIIIN YA ALLAH AMIIIN !!!!!
Tapi sayangnya, sekarang gue harus puas di Surabaya dulu hihihi. Bangunan ini super duper megaaahhh sekaliiii. Beda banget sama Kenjeran yang gue datengin waktu gue TK dulu wkwkwk. Kenjeran sudah berubah sepertinya hihihi. Bukan cuma dipake wisata, tapi di sini juga dipake sembayang juga. Jadi siapkan batin buat liat cina-cina bening di sini hihihi.

Sanggar Agung Temple

Masih di Kenjeran, di balik sebuah kuil menyimpan bangunan luar biasaaa. Mana lagi kalo bukan Sanggar Agung Temple. Kayak foto di atas tu. Istimewanya, kalo kita jalan melewati tu bangunan, langsung nyebur kita ke laut. Bangunan itu emang dibangun dipinggir laut. Paaaassss bangeeet di pinggir laut. Jadi pemandangannya bener-bener luar biasa. Udah pemandangan alamnya bagus, pemandangan cina-cinanya juga bagus wkwkwkwk *apaan sih Di*
Cukup lama di Kenjeran sampai kami liat awan mendung, kami pun akhirnya manggil Uber lagi buat ke lokasi selanjutnya, yaitu Masjid Muhammad Cheng Ho. Denger-denger Masjid Muhammad Cheng Ho ini punya arsitektur yang unik banget, makanya gue penasaran banget pengen ke sini. Uniknya di mana sih Di? Coba lo cermati namanya. Biasanya kalo masjid sih namanya Masjid Al Mujahidin, Masjid Al-Akbar, dsb pokoknya berbau nama Islam. Lha yang ini???? Masjid Muhammad Cheng Ho? Kok ada unsur cina-cinanya gitu ya? Penasaran, sama gue juga hihihi.



Ternyata, Masjid Muhammad Cheng Ho ini letaknya kayak disebuah sekolah gitu. Entah itu sekolah atau apa gue juga gak ngerti soalnya hurufnya bahasa Cina wkwkwk. Masjid mungil ini terletak di sebelah bangunan besar yang gue kira sekolah itu. Berhubung waktu gue kesitu H-1 Ramadhan, jadi terlihat beberapa kesibukan disitu. Tempat ini sebenarnya bukan tempat wisata sih, tapi gue penasaran aja sama bangunan uniknya wkwkwk norak banget ya gue?
Percayalah, masjidnya kecil, masih gede masjid deket rumah gue, masih gede musholla yang ada di sekolah SMA gue. Di sebelah masjid nya ada kolam ikan kecil mungil, isinya jelas ikan koi. Oya, kenapa masjid ini dinamai Masjid Muhammad Cheng Ho? Aduh, gua sendiri juga kagak ngerti wkwkwk. Pokoknya yang gue ngerti masjid ini dibangun dengan kolaborasi adat Jawa, Islam, dan Cina. Makanya jadilah masjid ini.
Gue gak lama-lama sih di sini. Cuma foto-foto trus Sholat Ashar berjamaah di sini terus pulaaaaangggggggggggggg.
Dan, sholat di Masjid Muhammad Cheng Ho, jadi akhir perjalanan gue di Surabaya karena besok paginya gue udah balik perjalanan ke Denpasar lagi.

JADIIIIIII
Jangan lihat Surabaya dari satu sisi aja. Jangan lihat Surabaya hanya sebagai kota metropolitan yang penuh sesak dengan bangunan-bangunan tingginya. Tapi lihatlah juga Surabaya dari sisi yang lain. Surabaya masih memiliki banyak keunikan yang bisa kamu kunjungi selain pusat-pusat perbelanjaannya. Budget? Dari cerita gue di atas, kalian harusnya bisa menghitung berapa duit yang gue keluarin kan? :)

1 komentar:

  1. ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬
    Surabaya, satu-satunya ibukota di Indonesia yang belum pernah kudatangi. :)

    Ya aku juga sering dengar "tidak ada apa-apa" di Surabaya, tetapi tulisan tentang Surabaya selalu menarik :)
    ▬▬▬▬▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬▬▬

    BalasHapus

Popular Posts