- Gadis kecil ingin keluar, menantang alam -

Senin, 08 Januari 2018




SAWASDEE KA THAILAND !!
Setelah bermimpi berapa tahun lamanya, akhirnya gue menginjakkan kaki di Thailand !! I don't know how excited I am to explore Phuket, Phi-phi and Bangkok for one week! Setelah dari Malaysia (Read: 2 Weeks ASEAN, 3 Countries Part II - Hello Again Malaysia) gue sama Erna terbang ke Phuket pada malam hari. JENGGG JEENGGG JEENGGG !!!! Awalnya sih pesawat kita gak malem-malem amat nyampe di Phuket. Cuma karena ada reschedule dari pihak AirAsia, jadinya kita terbang malam-malam hahaha.

Setelah mendarat di Phuket International Airport hal pertama yang gue lakuin adalah beli simcard. Gak susah sih nyarinya, karena ketika kita keluar langsung banyak yang jualan simcard. Dari sekian banyak merk simcard yang dijual dengan beragam harga, akhirnya gue menjatuhkan pilihan ke TrueMove yang dijual seharga THB 199 untuk 7 hari dengan unlimited kuota, gratis 15 menit telfon internasional, dan free social media, betapa menyenangkannya hahaha. Ya gue milih TrueMove soalnya waktu itu dia yang ngasih promo. Sedangkan merk sebelah kayak AIS (yang dipakai pacar gue sewaktu dia ke Thailand) harganya mahal banget sekitar THB 299. Ya kan gue mending hemat THB 100 ya hehehe. Setelah beli simcard, gak jauh dari jualan simcard ada yang jual tiket mini van buat transport kita dari airport ke beberapa tempat di Phuket. Berhubung hotel gue di Patong, jadi gue beli ke Patong seharga THB 160. Setelah beli gue langsung disuruh ke pintu keluar nomer 5 dan nunggu di sana. Dan disinilah mulai terjadi sesuatu hal yang sedikit gak menyenangkan ............

Gue ngerti banget sistemnya mini van adalah kita harus nunggu ada penumpang lain yang mau naik mini van juga baru mini van mau jalan. Tapi setelah hampir 2 jam menunggu, mini van gak jalan-jalan juga dan kita gak dipanggil-panggil juga. Udah berkali-kali gue sama Erna gantian nanya kapan ini mini van mau jalan, tapi respon petugasnya gak baik sama sekali. Dia cuma ngangkat kedua bahunya doang, enggak ngomong apa-apa. Please deh, pengen gue jitak rasanya. Gue merhatiin penumpang yang lain emang gak ada yang nunggu kayak gue dan Erna, soalnya mereka semua memilih naik taksi yang harganya lumayan mahal sekitar THB 800 atau sekitar 300ribu zzzzz. Iya kalo gue perginya rombongan sih gak masalah ya, lha ini perginya cuma berdua doang coba. Tapi biro-biro mini van ini pada pinter kayaknya. Setiap ada orang yang mau beli tiket mini van, mereka bilang kalo ini udah malam, gak ada yang mau gabung sama lo buat naik mini van. Jadi mending naik taksi aja lebih cepet. Dan mereka juga mengatakan itu ke gue. Awalnya gue nolak disuruh bayar THB 800. Tapi lama-lama karena udah semakin malam dan gak ada yang mau naik mini van akhirnya gue menyerah dan bayar THB 480 buat naik taksi. Gue bayar THB 480, soalnya sebelumnya gue sama Erna udah beli tiket mini van totalnya THB 320, jadi gue cuma bayar THB 480 buat jadi THB 800.

Finally kita masuk ke dalam taksi dengan supir taksi yang gak fasih ngomong Inggris. Dia nanya hotel, gue keluarin print out booking hotel gue dan dia gak ngerti lokasi hotelnya dimana -_- Dia aja kagak tau hotelnya dimana apalagi gue -_- Gue tunjukkin di map dia cuma oh oh aja. Terus dia nyuruh pake maps aja pake hape gue. Ya karena gue males berdebat karena udah capek sama udah malem juga jadi ya gue nyalain aja maps hape gue. Oh iya, awalnya gue duduk di belakang sama Erna. Terus tangan gue nyodorin hape di sela-sela kursi depan. Trus si supir nyuruh gue duduk di sebelah dia dan gue ngikut aja. Ya gue sih mikirnya biar gue gak susah juga bantuin dia cari jalan. Dan akhirnya jalanlah kita menuju jalanan Phuket yang sepinya amit-amit. Berasa horror gua hahaha. Sepanjang perjalanan, sopir taksinya mencoba untuk berkomunikasi sama gue pake bahasa Inggris patah-patah seperti "Where from?" "How long here?" Dan kadang ada kata-kata yang gue gak ngerti. Ya maklumin lah ya, bahasa inggris gue bego soalnya. Terus tiba-tiba dia ngomong "bet..." "bet..." Gue cuma bengong. Bet? Dia ngajak gue berantem nih? Hahaha. Karena dia liat wajah gue yang bingung, dia nunjuk sabuk pengamannya dia. Dan gue baru ngerti hahaha. Akhirnya gue pake sabuk pengaman. Tapi...... Pas gue mau make sabuk pengaman nih, ni supir taksi tiba-tiba kurang ajar sama gue. Jadi posisinya gue udah nyilangin tu sabuk di badan gue tinggal gue klik aja sih. Tapi tiba-tiba tangannya tu taksi megang sabuk pengaman gue tepat di..... Dimana hayo? Di.... Di dada gue -_- Gimana gue gak jijik coba? Habis itu dia ngajak ngomong gue lagi pake bahasa aneh. "Ogeeehh... Ogeehh..." Pengen rasanya gue hantamin ni kepala ke tembok. Dia ketawa karena gue gak ngerti. Akhirnya dia pake bahasa isyarat lagi. Entah karena pikiran gue lagi jorok atas kejadian tadi, gue liatnya dia nunjuk ke arah kelaminnya gitu -_- Tapi gue gak tau yang dimaksud sama dia itu kelaminnya dia apa bukan atau ada arti lain dari kata ogeeehhh ogeehhh nya dia itu. Gue cuma sok-sok gak ngerti sambil jawab "what?" "hah?" "sorry?" "what?" Dia terus ketawa sambil nunjukin ke arah kelaminnya itu. Sialaannnn. Kagak beres ini orang. Gue berpikir. Kalo gue mau berontak, mau teriak, gue takut diapa-apain. Gue liat ke jalanan, sepi banget coba lo pikir! Kagak ada siapa-siapa di jalan mana kanan kiri isinya hutan doang. Ntar kalo gue di apa-apain kagak ada yang bisa nolong dong ya? Kalo gue minta turunin di jalan lebih beresiko lagi apalagi di jalanan sepi kayak gini, di negeri orang lagi. Kayaknya buat opsi itu langsung gue coret dari otak gue. Tapi gue masih mikir, apa gue harus berontak ya? Marahin dia gitu? Terus kalo gue diapa-apain? Di dalem otak, gue cuma bisa inget-inget beberapa jurus karate buat kondisi-kondisi kayak gini yang sebenernya baru gue pelajarin, dan belum pernah gue dipraktekin. Tapi... Gue mikir lagi. Kalo dia bawa senjata tajam gimana? Ntar gue dibunuh gimana? Akhirnya gue cuma bisa diem, berusaha melupakan kejadian-kejadian jijik tadi dan cuma bisa berdoa semoga gue bisa beneran sampe ke hotel.

Suasana tiba-tiba hening sampe tu supir nanya lagi "Sleep?" sambil nunjuk ke arah Erna. Sontak Erna berteriak NOOO!!!! Hahaha gue nahan ketawa. Bukan karena teriakan dia sih, tapi karena si Erna menggenggam botol saus yang dia bawa dari Indonesia. Dia ngakunya dia pegang itu buat jaga-jaga kalo tu supir ngapa-ngapain dia tinggal semprotin di saus ke orang itu. Hahahaha, kreatif juga. Gue akhirnya bilang sama Erna dengan wajah dan nada yang sok tenang biar tu supir kagak curiga kalo gue lagi panik sebenernya. Gue minta buat Erna jangan tidur, jadi kalo ada apa-apa bisa cepet bergerak.

Dan suasana hening lagi... Trus tiba-tiba ini taksi berhenti di pinggir jalan. Di pinggir jalan ada beberapa bangunan kayak ruko gitu sih. Tapi gelap dan gue lebih panik lagi. Gue nanya kenapa berhenti di sini. Supirnya jawab "book taxi". Gue udah sepet banget rasanya. Karena gue males, gue kagak mau turun dari tu taksi. Sampai akhirnya ada laki-laki satu lagi yang ternyata kayak salah satu petugas biro perjalanan gitu buka pintunya Erna dan jelasin kalo dia butuh alamat hotel kita buat jelasin arahnya ke sopir taksi. Karena tu supir taksinya gak bisa bahasa Inggris. Akhirnya gue turun, trus Erna gue suruh jagain barang-barang yang ada di dalam taksi. Di dalem biro, gue jelasin lokasi hotel gue dan tu orang biro sok-sok banget muji gue pinter cari hotelnya di tempat yang strategis. Trus dia nawarin buat booking taksi sewaktu gue pulang. Gue jawab ogah. Trus dia nawarin berbagai macam paket wisata kayak tour Phi-phi, James Bond island, dll gue jawab ogah. Trus dia nawarin lagi buat booking taksi. Saking gue sebelnya langsung gue semprot tu orang dan gue nyuruh buat cepetan anterin gue ke hotel. Akhirnya dia menyerah dan ngasih tau tu supir dimana lokasi hotel gue. Akhirnya gue lanjutin perjalanan juga. Di perjalanan tu supir masih sempet nanya lagi, "no book taxi?" Lama-lama gue damprat juga ni orang. Untungnya sih gue nyampe hotel juga, langsung bersyukur banget gue.

Btw gue nginep di M.U.DEN Patong Phuket Hotel. Lokasinya strategis banget, di pusat keramaian Phuket. Kalo di Bali ya sama aja kalo gue nginep di Kuta. Hotel ini deket sama Pantai Patong, Jungceylon Mall, dan deket banget sama Bangla Road tempat Night Marketnya Phuket yang hits banget. Gue pesen kamar Twin dengan harga 750ribu buat 3 malam. Berarti semalemnya 250ribu. Karena gue berdua sama Erna, jadinya dibagi 2 deh, perorang cuma bayar 125ribu. Hotelnya recommended gila. Kamarnya baguuussss banget, luas, ada tv meskipun kagak pernah gue nyalain karena bahasa cacing semua, fasilitas tentu aja gak boleh lepas dari hair dryer. Disini udah disediain sabun mandi, shampo, conditioner, jadi lo gak usah bawa sendiri. Ada lemari buat nyimpen baju, disedian teko kalo mau bikin minuman hangat, ada teh sama kopi juga dan dua botol air putih. Hebatnya lagi, ini hotel pegawainya baik banget. Dia punya beberapa paket tour yang memang gue cari. Gue pengen cari paket tour One Day Phi-phi Island. Dan harganya MURAAAHHH !!!!! Cuma 900 bath doang! Lebih murah daripada kalo gue beli di Indonesia atau beli di Klook atau di biro tempat tu supir taksi tadi. Selain paket tour One Day Phi-phi Island, dia juga punya banyak banget pilihan paket tour yang gue jamin pasti yang lo mau ada disini karena brosur yang dia punya banyak banget. Dan kalo emang lo cari yang murah, dia gak bakal maksa lo buat beli yang mahal. Dengan senang hati dia nunjukin yang murah-murah tapi bagus service tournya. Pegawai hotel ini juga nunjukkin tempat sewa motor murah dan ngasih peta kecil ke tempat-tempat terkenal di Phuket. Ah idaman banget ! Cuma nih cumaaa.... Masih ada kurangnya ni hotel. Hotel ini gak ada sarapannya, kebanyakan hotel di Patong emang jarang yang ada sarapannya. Dan juga dia gak ada fasilitas refill air minum gratis dimana itu amat sangat gue butuhkan. Jadi selama di Patong pengeluaran buat beli air minum cukup boros juga. Tapi gapapa lah yang penting nyaman.

Besok harinya gue langsung sewa motor di tempat yang ditunjukkin sama pegawai hotel. Tempatnya gak jauh, tinggal jalan kaki beberapa langkah doang. Gue sewa motor scoopy dengan harga 200 bath aja cuma gak isi bensin. Jadi harus beli bensin lagi. Gue saranin sih beli bensin eceran aja. Karena kalo di pom bensin dijamin kagak ngerti. Gue aja awalnya mau belok ke pom bensin kagak jadi karena bahasanya cacing semua dan gak ada perbedaan mana premium atau pertamax. Ntar kalo kagak tau trus ini motor gue isi pake solar kan berabe juga wkwkwkwk. Oh iya kenapa gue sewa motor karena Phuket ini sama aja kayak Bali, susah cari kendaraan umum jadi kalo mau kemana-mana mending sewa motor aja.  Buat sewa motor lo harus merelakan paspor lo sebagai jaminan. Iya, jadinya sepanjang itu motor masih gue bawa, gue kemana-mana gak bawa paspor hahaha. Cukup beresiko sih, terlebih lagi gue belum punya SIM Internasional. Tapi ya udah lah ya, semoga saja aman-aman aja.

Hari ini gue sama Erna mau jalan-jalan ke Big Budha sama ke Wat Challong temple. Dua objek wisata ini cukup jadi favorit sih di Phuket. Buat menuju kesana, gue sih ngandelin google maps aja. Jadi gue aktifin google maps, hape taruh saku, pasang headset sebelah telinga doang terus jalan deh. Bener kok google maps nya, gak bikin gue nyasar untungnya hahaha dan petunjuknya jelas banget. Perjalanan ke Big Buddha kalo naik motor menghabiskan waktu sekitar setengah jam dan jalanan menuju Big Buddha ini nanjak banget. Trus ada beberapa bagian jalan yang aspalnya udah lubang-lubang. Jadi hati-hati kalo nyetir ke Big Buddha, gue aja takut nyungsep waktu pulangnya saking tingginya wkwkwk. Tiket masuk di Big Buddha ini gratis dan disini lo bisa dapetin pemandangan yang breathtaking banget karena lo bisa ngeliat laut dan beberapa gugus pulau dari sini. Indah banget! Di otak gue udah mikir aja, kalo pemandangan di Big Buddha aja bisa seindah ini, terus besok pas gue di Phi-phi pemandangannya mau seindah apa?????? Tapi biarin aja jadi misteri lah ya, ntar juga tau hahaha. Kalo mau ke Big Buddha, gue saranin pagi hari aja, biar kagak kepanasan. Apalagi disini banyak spot foto yang instagramable banget jadi kalo kalian kesini sekitar jam 9an pasti dapet foto yang bagus.



Gak lama sih gue ke Big Buddha, cukup 2 jam aja buat nikmatin pemandangan indah sama foto-foto sok gaya ala Nichole Ciotti yang jelas kagak bakal mirip sama dia sih tentunya hahaha. Entah kenapa gue sama Erna idola banget sama foto-fotonya Nichole hahaha. Kepo sama Nichole? Cek sendiri aja di instagramnya dia ya, hahaha. Oh iya, di Big Buddha ini gue sama Erna sempetin makan siang dari bekal yang kita bawa. Jadi tadinya gue sama Erna mampir ke 7-11 dulu buat beli makan, karena kita masih males cari makan di warung dan kita cari yang praktis aja lah yaa. Emang dasar gue sama Erna generasi micin sukanya males-malesan hahaha.

Habis dari Big Buddha, gue sama Erna bakal lanjut ke Wat Challong Temple. Tempatnya gak jauh dari Big Buddha, paling cuma jalan 15 menit udah sampe dan tenang aja google maps gak memberikan alamat palsu kok hahaha. Tiket masuk disini gratis lagi!!! Lama-lama gue heran kok disini gratis semua tiketnya. Dan selamat datang di Wat Challong.....



Pertama kali gue masuk di kawasan Wat Challong, yang terlintas dalam pikiran gue cuma satu, "Tuhan, tempat apa ini?" Ini BAGUSNYA KELEWATAAAAANNNN !!!!!!!! Gue sampe mau berlutut, mau nangis, seumur hidup gue gak pernah dateng ke tempat sebagus ini. Oke gue lebay, tapi beneran gue gak bohong ini bagus banget!!! Di Wat Challong, ada banyak kuil emas, interior dalamnya pun juga dilapisi emas. Foto gue yang diatas ini adalah kuil utama yang ada di Wat Chalong yang katanya sih tempat dimana potongan tulang Buddha disimpan, tapi gue gak tau tepatnya di peti yang mana tu potongan tulang disimpan wkwkwk. Soalnya banyak peti, banyak patung Buddha berbagai posisi juga di dalam sini. Oh iya, berhubung ini tempat ibadah, sama halnya dengan Big Buddha jadi pastikan memakai pakaian yang tertutup ya disini.

Jangan kaget kalo kalian bakal sering denger suara petasan disini. Kayaknya disini hampir setiap menit ada aja petasan yang bunyi wkwkwk. Iyalaahhh, soalnya masyarakat maupun wisatawan yang beragama Buddha membeli dan membakar petasan sebagai bentuk doa mereka. Tapi gak usah takut, karena disini disediakan tempat tersendiri untuk membakar petasan, jadi gak bakal mencelakai pengunjung lainnya. Cuma ya jangan kaget aja sama suaranya wkwkwk. Beneran kayak ada suara bom gitu hahaha.

Gue menghabiskan waktu untuk duduk di bawah pohon dengan pemandangan kuil utama di Wat Challong sambil bersyukur karena Tuhan udah mengijinkan gue setidaknya sekali di sepanjang hidup gue melihat karunia-Nya yang luar biasa indah. Ya gue tau ini emang buatan manusia atau buatan pemeluk agama Buddha. Tapi tetep aja tanpa ada campur tangan Tuhan, tempat ini gak akan jadi sebagus ini kan? Disini gue banyak belajar gimana cara saudara Buddha kita beribadah, ada yang berjalan mengelilingi kuil diiringi musik dan tarian sebagai bentuk persembahan dalam sebuah ritual doa. Terlebih lagi sewaktu gue kesana banyak banget saudara-saudara kita yang memakai baju hitam dan berdoa untuk Raja Bhumibol yang sebentar lagi mau dikremasi (sekarang udah dikremasi hahaha). Bukan hanya masyarakat Thailand, ada banyak wisatawan yang ikut berdoa disini. Gue terharu. Gue melihat kerukunan disini, meskipun Raja Bhumibol hanya memimpin di Thailand tapi banyak yang merasa kehilangan. Gue jadi inget kalimat yang pernah diucapkan Raja Bhumibol
"A good person can make another person good," - Raja Bhumibol
Yap! Beliau memang orang baik yang tentu saja akan ada banyak orang-orang baik yang mendoakannya. Gue percaya kalo hukum alam itu ada. Apa yang ingin kamu dapatkan dari orang lain, maka kamu harus lakukan itu kepada orang lain. Jadi gue yakin kalo beliau memang raja yang baik dan jelas banget bakal memorable seperti Princess Diana tentunya.

Baiklaaahhh. Udah lah ya sedih-sedihnya, sekarang kita lanjut ke cerita selanjutnya aja hahaha. Setelah gue lelah di Wat Challong, akhirnya gue sama Erna memutuskan untuk balik ke hotel. Iyaa, gaya liburan kita sih dibilang santaaaaiiiii. Kalo capek ya istirahat, kalo pengen jalan ya jalan hahaha. Oh iya sebelum balik ke hotel, gue balikin dulu motornya ke tempat persewaan motor. Setelah di cek sama yang punya dan gak ada yang lecet, akhirnya paspor gue balik juga ke tangan gue tanpa ada yang ilang sekalipun. Setelah balikin motor, gue sama Erna istirahat di hotel.

Malam harinya, gue sama Erna berencana jalan-jalan ke Jungceylon Mall. Jadi ini adalah mall yang cukup hits di Phuket. Dari hotel menuju mall ini cukup jalan kaki aja karena emang deket pake banget. Kenapa kita memutuskan untuk masuk mall? Gak lain gak bukan adalah karena kita memang anak mall hahahaha. Becanda. Ya udah jauh-jauh nyampe sini, tentu aja gue mau liat ada gak sih perbedaan yang signifikan dengan mall yang ada di Indonesia dan di Thailand? Terus juga gimana sih gaya belanja orang-orang sini? Gimana sih kebudayaan orang sini? Jangan salah, kebudayaan bisa dilihat di dalam mall juga hahahahaa. Ngelesnya kebangetan sih kalo ini. Tapi yang jelas mall ini GEDEEEEE banget!!! Ya meskipun gak semelelahkan keliling Tunjungan Plaza Surabaya ya, cuma mall ini cukup banget bikin gue tersesat dan bingung cari pintu keluar hahaha. Iya gue tau pintu keluar mall ini gak cuma satu. Cuma masalahnya kalo gue keluar dari pintu yang berbeda dari gue masuk, ntar gue malah nyasar kagak bisa nemuin hotel gue hahahaha. Gue lagi males berpetualang soalnya capek karena lumayan juga nyetir motor tadi pagi hahaha. Oh iya mall ini dapet julukan mall kapal karena bentuknya kapal dan ada miniatur kapal di dalam mall ini. Sorry ya gue gak ada fotonya karena gak sempat foto waktu itu. Tapi lo bisa cek di google kalo mau hehehe. Di mall ini lo bisa juga beli oleh-oleh karena memang banyak banget toko oleh-oleh yang dijual disini. Ada juga diskon bikini kalo lo mau beli. Tapi katanya sih kalo belanja mending di Bangkok aja, karena pusatnya di Bangkok. Jadi, dengan sok pinternya gue gak belanja apa-apa disini karena gue berpikir dapat harga yang lebih murah di Bangkok hahaha. Jangan ditiru yaa.

Kita gak terlalu lama di Jungceylon Mall karena yang namanya mall ya gitu-gitu aja kan yaa. Jadi setelah makan malam kita langsung ke hotel dan istirahat karena besok pagi-pagi banget kita bakal tour ke Phi-Phi Island!!!

Buat tour ke Phi-Phi Island gue udah cerita di atas kalo gue book lewat hotel aja, harganya lebih murah cuma 900 bath doang dan nanti kita bakal di jemput di hotel menggunakan mini van (agak trauma sama mini van hahaha). Ketika mini van dateng, gue lihat udah ada beberapa wisatawan lain didalamnya. Setelah gue sama Erna naik, mini van ini gak langsung nganter kita ke pelabuhan, tapi masih jemput wisatawan lainnya dulu. Setelah mini van penuh, barulah kita diantar ke pelabuhan. Begitu sampe di pelabuhan kita langsung disuruh untuk naik kapal ferry dan langsung berangkatlah kita ke Phi-Phi Island.





Perjalanan ke Phi-phi kayaknya sekitar 2 jam, cukup banget bikin badan gue melepuh. Sumpah pulang-pulang badan gue gatal dan perih semua gara-gara melepuh hahaaha. Tapi gapapa, gue sama sekali gak peduli sama itu semua karena yang gue dapetin adalah pemandangan yang jauuuhhhh jauuuhhhh jauuuhhhh lebih indah daripada tempat-tempat yang gue kunjungi beberapa hari terakhir gue travelling. Kalo lo follow instagram gue, lo pasti lihat betapa spam nya gue di instastory cuma buat nunjukkin ke kalian betapa indahnya perjalanan ke phi-phi island. Banyak dari kalian yang komen pengen ikut atau pengen nyemplung atau paradise dan masih banyak lagi. Gue setuju itu semua kecuali yang pengen nyemplung ya hahaha. Karena gue kagak bisa berenang jadi gue kagak pengen nyemplung hahaha. Rugi? Katanya sih rugi karena pemandangan bawah laut disini menurut beberapa orang tu indah banget kecuali kata pacar gue yang katanya kotor hahaha. Entah yang mana yang bener cuma gue berharap suatu saat gue berani buat nyemplung. Semoga aja besok pas gue pertama kali nyemplung kagak ketemu hiu ya hahaha.



Setelah sampe di Phi-phi Island, untuk yang pengen snorkeling, harus naik kapal lagi menuju tempat untuk snorkeling sedangkan yang enggak snorkeling bisa jalan-jalan di Phi-phi Island. Untuk masuk ke Phi-phi Island kalian harus bayar 20 bath untuk biaya kebersihan. Ya gak mahal lah ya cuma 8000 rupiah doang ikhlasin aja lah. Dan ketika gue masuk Phi-phi Island, astagaaaaa..... Lagi lagi dan lagiiii. Terus menerus gue dikasih kesempatan buat lihat pemandangan spektakuler kayak gini. Kalo lo lihat foto di atas, lihatlah betapa hijaunya itu lautan dan betapa putihnya itu pasir dan jangan lupa betapa panas dan silaunya saat foto itu diambil hahaha. See?
"So which of the favors of your Lord will you deny?" - Surah Ar-Rahman (55:13)
Cuma kalimat ayat itu aja yang bisa terlintas di kepala gue waktu itu. Gue bener-bener bersyukur banget buat segalanya yang gue dapet. Alhamdulillah :)

Di Phi-phi Island ini gue gak liat ada satupun motor yang berlalu lalang. Memang sih kalo gue baca-baca Phi-phi Island ini bukan pulau yang termasuk gede, jadi pulau ini cukup tenang buat kalian yang cinta banget sama ketenangan. Untuk mengelilingi pulau ini, kalian bisa nyewa sepeda kalo kalian mau. Untuk harganya gue gak terlalu tau sih, karena gue gak ada waktu buat berkeliling naik sepeda hehehe. Oh iya, untuk harga makanan dan minuman di Phi-phi Island menurut gue agak lebih mahal dibanding di Phuket. Contohnya aja air minum. Kalo di Phuket gue bisa beli air minum botol paling gede dengan harga 150 bath. Kalo di Phi-phi Island bisa sampe 300 bath dengan merk yang sama dan ukuran yang sama. Di Phi-phi Island juga juga ada beberapa paket tour yang ditawarkan seperti snorkeling atau berkeliling ke James Bond Island, dan berbagai pulau lainnya. Tapi berhubung gue gak minat ya jadi gue diem aja di Phi-phi sambil menikmati keindahan disini. Lagian gue cuma dapet jatah waktu jalan-jalan 3 jam di sini. Sebenernya sih gue nunggu waktu makan siang hahahaha. Makan siang di Phi-phi Island udah termasuk dalam paket tour yang gue beli. Jadinya, gue gak usah bingung lagi buat nyari makan disini. Gue tinggal jalan-jalan aja disini sampe waktunya dipanggil untuk makan siang.

Ketika waktu makan siang datang, kalo lo emang laper banget dan kagak punya malu, lo bebas banget buat makan sebanyak apapun yang lo mau. Karena emang model makannya prasmanan gitu, jadi lo bebas mau ambil sekenyang lo. Gue aja merasa rugi karena kagak bawa tupperware kesini hahahaha. Becanda ding. Setelah makan siang, lo langsung disuruh buat balik ke kapal buat balik lagi ke Phuket. Perjalanannya masih sama sekitar 2 jam dan melewati pemandangan yang sama. Ketika udah sampai di pelabuhan Phuket pun, kita bakal dianter pulang ke masing-masing hotel menggunakan mini van dari pihak tour. Cukup memuaskan kan? Menurut gue sih cukup memuaskan lah ya! Oh ya, gue gak tau pasti sih nama tour yang gue pake apa, soalnya gue book di hotel jadi udah hotel yang ngurusin semuanya. Gue terima beres hehehehe. Ya begitulah efeknya kalo hotel terlalu baik, gue jadi males buat nyari-nyari agen tour yang bisa gue rekomendasiin hahahaha.

Setelah sampai di hotel, si petugas hotel masih aja senyum sambil nanya gimana liburan ke Phi-phi. Ya gue jawab aja menyenangkan banget dan gue berterima kasih udah ngasih agen tour yang pelayanannya bagus dan dengan harga murah tentunya hahaha. Setelah basa basi dikit sama pihak hotel, gue langsung ke kamar buat tidur karena gue ngerasa vertigo hahaha. Bukan vertigo yang sebenarnya sih, cuma ini efek karena gue seharian di kapal yang goyang-goyang. Jadi ketika gue menyentuh daratan gue rasanya kayak gempa gitu. Padahal aslinya kagak gempa, tapi tubuh gue yang emang goyang-goyang. Gue negrasa kayak gini sampe besok pagi nya coba bayangin hahahaha.

Malam terakhir di Phuket gue putusin buat jalan-jalan ke Bangla Road!! Yippiii, finally kita bakal ke Night Marketnya Phuket dimana lo bakal sering banget ditawarin sama Ping Pong Show hahaha. Karena gue cewek ya gue gak begitu tertarik sama Ping Pong Show ini. Tapi kalo lo cowok, lo mungkin tertarik sama Ping Pong Show. Jadi apaan sih Ping Pong Show? Di sepanjang Bangla Road lo bakal denger Ping Pong Show, Free entry just buy drink! Dan selalu seperti itu. Walaupun lo udah nolak satu tawaran Ping Pong Show, tapi begitu lo berjalan dua langkah, lo bakal ditawarin lagi. Gue emang gak tau pasti sih Ping Pong Show itu kayak gimana, cuma menurut beberapa blog traveller luar negeri yang gue baca Ping Pong Show itu semacam "live sex" di Phuket. Beberapa orang menganggap ini scam, tapi beberapa orang menganggap ini hiburan. Yang menganggap scam ini dikarenakan ketika lo masuk ke dalam bar, iya lo emang cuma perlu beli minuman doang disini cuma harga minumannya mahal banget bisa sampe 500-900 bath itu sekitar 200-400 ribu. Segelas minuman doang hahahaha. Dan ada juga yang nyeritain kalo Ping Pong Show itu emang ada gadis-gadis cantik yang melakukan atraksi seperti memasukkan sesuatu ke dalam (BIG SORRY TO SAY THIS) vaginanya. Dan kalo lo apes... eh apes apa beruntung ya? Lo bisa aja ditarik dan disuruh nari sama mereka sekaligus ditelanjangin hahahaha. Jadi lo berminat gak sama Ping Pong Show?



Oh iya, gue belum cerita ya. Bangla Road ini kalau di Bali udah semacam kayak Legian. MIRIIIPPPP BANGEETTTT !!! Gue aja pernah stories Bangla Road dan temen-temen gue percaya kalo gue lagi di Legian hahahaha. Padahal gue lagi di Phuket. Gimana gak mirip coba kalo kanan kiri isinya tempat dugem semua hahaha. Disini juga banyak banget lady boy bertebaran. Tapi awas jangan motret sembarangan yaa. Karena motret mereka aja bayar hahahaha.





Tapi bedanya Bangla Road sama Legian adalah, kalo di Bangla Road bener-bener gak ada kendaraan sama sekali. Jadi kita bebas mau jalan kemana aja. Kalo di Legian kan kita harus hati-hati karena kendaraan masih bisa masuk ke jalanan Legian.

Gue gak ngapa-ngapain sih di Bangla Road. Gue cuma liat-liat aja, terus sambil cari makan. Oh iya untuk cari makanan halal di Phuket gak susah kok. Jadi kalo lo keluar dari Bangla Road, lo harus nyebrang dulu. Nah di jalanan seberang Bangla Road situ ada banyak banget makanan halal yang beredar. Ya memang lebih ke makanan-makanan Turki sih tapi menurutku lumayan juga dan gak terlalu mahal. Selesainya dari Bangla Road dan cari makan gue sama Erna mau cari tiket mini van karena besok gue sama Erna harus udah terbang ke Bangkok. Gue udah kapok sama tragedi mini van di bandara hahahaha. Sebenernya yang kali ini pun gue agak was-was sih. Takut kagak dijemput di hotel. Tapi ya gue gak bakal tau sebelum gue mencoba kan? Buat nyari tiket mini van ini ada banyak banget agen tour pinggir jalan yang gue datengin. Kebanyakan pada nawarin harga 250 bath. Tapi gue gak menyerah, gue pengen dapet yang lebih murah. Dan ternyata gue nemu yang lebih murah seharga 200 bath. Tempatnya di pinggir jalan besar sebelah gedung Thai Boxing deket hotel gue. Tempatnya kecil banget dan ramah lagi mbaknya. Akhirnya gue pesen disitu. Setelah gue pesen, besok paginya gue nemuin lagi yang lebih murah seharga 180 bath, tempatnya di daerah makanan halal itu. Ya karena gue udah beli yang 200 bath jadi yaudah lah ya ikhlasin aja 20 bath nya toh juga cuma 8000 doang hahahaha. Tapi untungnya, kali ini gue kagak kena scam mini van lagi. Gue dijemput di hotel dan dianterin dengan selamat di Bandara Phuket hahahaha.

Segini dulu ya, cerita di Phuket sama Phi-phi nya. Oh iya, untuk cerita di Thailand ini belum selesai, karena gue masih pengen berbagi pengalaman gue ketika gue di Bangkok. Gue gak bisa jadiin satu disini karena ntar bakal panjang banget jadinya. Soo..... See you on the next article ya guys!!

0 komentar:

Posting Komentar

Popular Posts